Cara Melakukan Riset Keyword untuk SEO

KeywordResearch_graphicMemilih kata kunci atau keyword yang tepat untuk blog merupakan hal yang sangat penting. Jika anda memilih keyword yang salah maka jangan heran jika blog anda sepi pengunjung bagaikan kuburan.

Riset Keyword begitu penting untuk untuk mereka pemilik website. Itulah mengapa riset kata kunci merupakan tahapan yang seharusnya dilakukan di awal, ketika website anda baru dibangun.

Mengapa Keyword Research sangat penting?

Apa tujuan anda mempelajari SEO? Apakah ingin mendapatkan pengunjung yang banyak? Apakah untuk meningkatkan penjualan? atau Ingin mendapatkan penghasilan yang banyak?

Dari pertanyaan diatas pasti website anda ingin mendapatkan pengunjung yang banyak, biar bisa meningkatkan penjualan dan mendapatkan penghasilan yang banyak.

Itu pasti, karena anda tidak bisa sekedar membuat website tanpa memperhatikan riset kata kunci.

Disinilah Para Pemula Melakukan Kesalahan

Kalau anda tidak paham dengan keyword research, maka kemungkinan besar anda menargetkan kata kunci yang tidak pernah dicari sama sekali.

Kebanyakan para pemula membuat konten tanpa peduli dengan keyword.

Kemudian merasa bangga bahwa websitenya sudah masuk ke halaman satu.

Tapi pengunjungnya tetap sedikit. Tidak ada perubahan sama sekali.

Percuma kan? Sudah susah payah membuat konten, tapi ternyata tidak ada yang tertarik.

Disinilah Para Pakar Terjebak

Anda punya website yang menjual suatu produk.

Supaya website ini banyak pengunjungnya, anda menargetkan keyword-keyword dengan volume pencarian yang besar melalui Google Keyword Planner.

Pengunjung berdatangan. Tapi ternyata tidak ada yang membeli produk yang ditawarkan.

Kenapa tuh? Ini penyebabnya:

Yang perlu anda ingat, tujuan dari keyword research bukan hanya untuk menemukan kata kunci dengan jumlah pencarian terbanyak.

Bukan cuma mendatangkan pengunjung. Melainkan untuk mendatangkan pengunjung yang tepat sasaran.

Kalau anda ingin supaya supaya mereka membeli produk yang anda tawarkan, maka anda harus menargetkan keyword yang digunakan oleh orang yang memang ingin membeli.

Ini kesalahan yang diajarkan secara turun-temurun

Bicara tentang riset keyword, biasanya hal yang pertama kali dilakukan adalah Google Keyword Planner. Lalu memasukkan keyword. Ini tidak benar.

Lihat kasus berikut:

Misalnya Andi punya website yang menjual jasa les komputer. Kata kunci “les komputer”, kata kunci ini dijadikan sebagai target utama.

Sampai disitu tidak ada masalah. Ini masalahnya..

Seperti dilakukan banyak orang, Andi langsung memasukkan keyword utamanya ke Google Keyword Planner.

Hasil yang didapat seperti gambar berikut:

Capture1

Andi ingin mendapatkan ranking 1 untuk semua kata kunci tersebut.

Andi membuat beberapa artikel masing-masing menggunakan kata kunci yang ditampilkan dalam gambar tersebut.

Apa yang terjadi? Seminggu.. minggu berlalu..

Ternyata tidak satupun dari artikel tersebut mendapatkan peringkat yang bagus digoogle. Lebih parahnya lagi, website Andi bahkan tidak ada di 10 halaman pertama.

Justru websitenya kena pinalti.

Apa yang terjadi? Kenapa Andi kena penalti?

Lihat lagi keyword tadi. Semuanya hampir sama, tidak ada variasi. Akibatnya?

  1. Pengunjung akan menganggap website anda dibuat secara asal-asalan, sehingga akan langsung pergi karena tidak mendapatkan informasi yang bagus. Tidak hanya itu.
  2. Google dan mesin pencari lain akan menganggap website anda “kurus”.

Kita tahu bahwa Google tidak suka website yang kurus, artinya website yang semua halamannya mengincar keyword yang sama. Sehingga isinya juga sama.

Itu sebabnya Andi kena penalti.

Maka dari itu, saya tekankan sebelum kita mulai:

Google Keyword Planner BUKAN tool untuk menemukan kata kunci baru.

Lain kali kalau ada orang yang menyarankan para pemula untuk menggunakan Google Keyword Planner untuk mencari keyword, beritahukan kepada mereka akibatnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s