Belajar menjadi Copywriting yang Mampu Menjual Apapun dengan Huruf

copywritingApa itu Copywriting? Copywriting adalah seni penulisan pesan penjualan atau proses/teknik menulis copy. (Penulisnya disebut Copywriter).

Konversi: ketika seseorang yang anda target mengambil tindakan yang anda inginkan. Misalnya membeli produk, mendaftar anggota, membuat akun, mendownload, dan lain-lain.

Kalau dalam penjualan, konversi sering disebut closing.

Tapi di sini akan kita gunakan istilah konversi karena copywriting sendiri bukan hanya untuk penjualan.

Jadi, teknik copywriting adalah teknik membuat copy yang mampu meningkatkan konversi secara drastis.

Lalu kenapa kita butuh copy copywriter?

Melakukan penjualan itu tidak mudah. Apalagi kalau anda hanya boleh menggunakan media berupa teks, gambar, atau video. Jauh lebih sulit.

Copywriter adalah salesman dalam huruf.

Dengan teknik copywriting yang tepat, 2 produk yang sama persis bisa mendapatkan respon yang jauh berbeda oleh orang lain.

Media pemasaran secara online semakin populer mengalahkan pemasaran tradisional. Peran teks dan copywriter sangat dibutuhkan.

Misalnya anda memasarkan produk ke 100 orang, sebelumnya hanya terjual ke 1 orang, tapi dengan teknik copywriting yang tepat sekarang ada 5 pembeli.

Itulah yang harus anda lakukan supaya produk anda terjual dengan banyak.

Apa yang anda bisa lakukan setelah mengikuti panduan ini?

Ada 2 pilihan yang bisa anda ambil untuk memanfaatkan ilmunya:

Pertama, menggunakan tekniknya untuk bisnis anda sendiri.

Artinya anda akan memanfaatkan teknik copywriting sehingga anda akan mampu meningkatkan penjualan, loyalitas kustomer, dan referral.

Kedua, menjadi copywriter profesional.

Bekerja di agensi periklanan, perusahaan, atau menjadi freelancer. Tidak ada jenjang pendidikan resmi untuk copywriter, jadi kesempatan anda terbuka lebar.

Meskipun begitu, bayarannya berkali-kali lipat lebih tinggi daripada penulis biasa.

Lalu bagaimana cara menjadi seorang copywriter hebat?

  1. Memiliki creative attitude yang tinggi. Seorang copywriter selalu melihat segala sesuatu dari sudut pandang kreatif. Ia mesti melihat dunia di sekitar dia adalah sumber-sumber ide brilian.
  2. Memiliki gairah menulis yang kuat. Berlatihlah terus menulis. Di diary, di blog, di mana pun. Aneh rasanya, bila seorang copywriter tidak memiliki medium menulis selain tugasnya di iklan.
  3. Open minded. Memandang apapun, baik dari hal sepele maupun kompleks, sebagai medium untuk belajar. Belajar dari supir truk, belajar dari teka-teki, belajar dari pengalaman lucu, dan sebagainya.
  4. Selalu menjadi problem solver. Salah satu ciri orang kreatif adalah, mampu menyiasati hal-hal rumit.

Apakah anda tertarik menjadi seorang copywriter? Kalau tertarik silakan, praktekkan mulai sekarang. Pekerjaan ini sangat menjanjikan untuk masa depan anda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s