Memahami Whois Domain dan Whois Privacy Domain

logoWHOIS adalah fasilitas yang digunakan untuk melihat registrasi sebuah domain yang sudah terdaftar. Fasilitas ini dapat dijumpai di beberapa perusahaan hosting ataupun mereka yang memberikan layanan ini secara khusus dan tentu saja gratis.
Saat ini WHOIS tidak lagi hanya berupa tool atau aplikasi namun juga bisa diakses pada website penyedia layanan whois seperti whois.com yang memudahkan user atau pengguna internet mendapatkan informasi mengenai sebuah domain atau website.

Jika anda ingin mengetahui kontak dari pemilik domain, baik itu alamat, nomor telepon atau email dari sebuah website, atau kapan website ini pertama kali didirikan, maka anda bisa menggunakan website ini untuk mengetahuinya Contoh >>

Apa itu sebenarnya domain privacy?

Pertama, sangat penting untuk memahami apa itu domain privacy. Ketika pertama kali kamu memilih nama domain untuk website, nama domain dan informasi kontakmu akan masuk ke dalam sebuah direktori publik yang lebih dikenal dengan WHOIS. Ini merupakan persyaratan dari Internet Corporation for Assigned Names and Number atau ICAANN.

Ini berarti informasi yang kamu masukkan akan tersedia untuk publik termasuk nomer telepon, alamat, nama, dan alamat email. Hal ini bertujuan agar siapa pun yang melanggar hukum hak cipta atau spam dapat dilacak untuk aktivitas ilegal mereka. Karena ini adalah database publik, sehingga informasi pribadi yang terdapat didalamnya dapat diakses oleh siapa saja di internet.

Perlukah domain privacy?

Jika kamu ingin melindungi diri dari spammers, hijackers, pencuri identitas, dan pembeli nama domain, domain privacy mungkin layak untuk dipertimbangkan.

Kamu mungkin ingin mendapatkan word out tentang bisnis kecilmu dan menggunakan sistem WHOIS untuk mengumpulkan informasi tentang target pasarmu. Mereka yang meminta untuk dihubungi dengan cara lain atau tidak menyadari alamat mereka tersedia secara online dapat membuat marah dengan perusahaanmu.

Jika kamu berada dalam situasi ini dan perusahaan besar mengirimkanmu banyak mailings per hari yang berasal dari informasi pribadimu pada WHOIS, itu mungkin akan membuatmu marah. Cara ini dapat dengan mudah digunakan oleh spammer sebagai tool pemasaran.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s