Cara Memindahkan Website WordPress Ke Hosting Baru

Tutorial berikut adalah cara memindahkan website lama ke website yang baru. Yaitu dengan cara membackup database dan mengupload kembali file website yang lama ke hosting baru.

Backup database di website lama

  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan back up database website anda yang terdapat di hosting lama. Caranya masuk ke hosting lama anda > lalu masuk ke cPanel > lalu klik icon “Backup”.1
  2. Pilih salah satu database yang akan di download1
  3. Setelah terdownload, exstract file tersebut lalu cari dua file yang kita perlukan, yaitu folder public_html (biasanya terdapat di folder home dir) dan database yang berekstensi .sql (terdapat di file folder mysql).

Restore Database ke Hosting Baru

  1. Masuk atau login ke hosting baru anda > lalu masuk ke cPanel
  2. Setelah masuk klik icon “MySQL Database Wizard” untuk membuat database dan username yang baru.1
  3. Lalu beri nama database baru anda lalu klik tombol “Next Step”.1
  4. Selanjutnya buat username dan password. Lalu klik “Create User”.1
  5. Kemudian centang “ALL PRIVILIGES” dan klik tombol “next step”. Sekarang anda sudah memiliki database yang baru di hosting yang baru, namun masih kosong dan kita harus mengimpor isi database yang lama.
  6. Untuk mengimpor database yang lama, kembalikan ke tampilan halaman utama cPanel, lalu klik pada icon “phpMyAdmin”. Kemudia klik terlebih dahulu pada nama database yang telah anda buat di slidebar sebelah kiri tampilan > lalu klik “impor”.1
  7. Ambil database yang berektensi .sql, jika sudah selesai maka maka anda sudah berhasil merestore database website anda di tempat hosting yang baru.
  8. Langkah berikutnya adalah dengan mengupload folder public_html yang telah anda ekstrak dalam bentuk .zip sebelumnya. Caranya adalah dengan kembali ke halaman utama cPanel kemudian klik icon “File Manager”.
  9. Kemudian upload folder public_html yang anda kompres dalam bentuk .zip tadi dengan klik tombol upload yang berada di menu atas. Jika sudah terupload, ikuti petunjuk yang terdapat pada gambar di bawah ini:1
  10. Langkah terakhir di cPanel ini adalah dengan merubah: DB_NAME, DB_USER, dan DB_PASSWORD (menyesuaikan dengan yang telah kita buat pada langkah ke-3 dan ke-4 di atas) di file config yang terdapat folder public_html > klik tombol save yang berada di sisi sebelah kiri atas.1

Demikianlah penjelasan tentang tutorial lengkap bagaimana Cara Pindah Website WordPress Ke Hosting Baru, semoga bermanfaat.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s