4 Search Intent untuk Menentukan Nilai Sebuah Keyword

search-intentTidak semua keyword punya nilai yang sama. Ada keyword yang dicari oleh banyak orang, tapi sama sekali tidak berguna.

Ada juga keyword yang volumenya sedikit, tapi nilainya tingggi. Search intent diartikan sebagai apa maksud atau tujuan dari pencarian yang dilakukan.

Contoh: Ada orang yang melakukan pencarian di Google dengan keyword berikut:

  1. “laptop asus”
  2. “beli laptop asus”
  3. “laptop asus terbaik di bawah 5 jutaan”

Kira-kira apa hasil pencarian yang mereka harapkan untuk masing-masing keyword tersebut?

Wajarnya seperti ini (nomornya berdasarkan urutan di atas):

  1. Ingin mengetahui jenis laptop dari web resmi ASUS
  2. Ingin membeli laptop ASUS
  3. Ingin mencari artikel rekomendasi laptop ASUS berdasarkan harga

Dengan mengetahui maksud atau intent tersebut, kita bisa membayangkan konten apa yang diinginkan oleh pencari. Inilah cara kerja Google.

Google paham bahwa orang yang menggunakan kata kunci “beli laptop asus” pasti ingin membeli, maka dari itu halaman produk dari toko online akan mendapatkan peringkat atas. Sedangkan konten artikel mustahil bisa mendapatkan halaman 1 untuk keyword tersebut.

Itulah search intent. Lebih lengkapnya, kita bisa bagi search intent ke dalam 4 kategori.

1. Informational

Seperti namanya, orang yang menggunakan keyword informational pasti butuh informasi dengan cepat.

Contohnya:

  1. “kalori tempe”
  2. “siapa presiden pertama indonesia?”
  3. “nilai dolar amerika hari ini”
  4. “cara membuat blog”
  5. “gejala demam berdarah”

Maka dari itu, konten yang kita berikan harus berupa informasi. Informational intent merupakan keyword yang paling banyak volumenya dibandingkan intent lain. Karena itu, website yang berisi informasi banyak bertebaran di internet.

2. Navigational

Keyword jenis ini biasanya volumenya besar, tapi tidak ada manfaatnya.

Biasanya karena si pencari ingin langsung mengunjungi suatu website ketika melakukan pencarian, maka dari itu website lainnya tidak akan mendapatkan pengunjung.

Contohnya:

  1. “garuda indonesia”
  2. “kaskus lounge”
  3. “login facebook”

Mereka yang menulis keyword tersebut pasti ingin langsung ke website resminya, mereka cuma menggunakan Google sebagai sarana ‘numpang lewat’. Jadi, hindari keyword ini.

3. Commercial Investigation

Ketika akan membeli suatu produk, apalagi yang harganya tinggi, biasanya kita tidak langsung beli begitu saja. Kita akan search dulu di Google. Kita akan membaca-baca dulu supaya tahu betul mana yang terbaik, belinya dimana, harganya berapa, apakah sedang ada promo atau tidak.

Inilah keyword commercial investigation. Keyword yang kita gunakan ketika ingin mempelajari tentang produk/jasa tertentu sebelum membeli.

Contoh:

  1. “hp android di bawah 5 jutaan”
  2. “harga kamera canon d330”
  3. “tempat kursus bahasa inggris di bandung”
  4. “web hosting terbaik di indonesia”

Keyword jenis ketiga ini berpotensi menghasilkan pembeli. Kemudian siapkan konten yang berkualitas dan tepat sasaran.

4. Transactional

Ini tingkatan yang paling tinggi. Orang yang melakukan pencarian di Google menggunakan keyword transactional berarti sudah siap membeli suatu produk/jasa.

Contoh:

  1. “beli baju batik online”
  2. “jual sepatu futsal nike”
  3. “iphone bekas murah”

Kalau anda menjual produk atau jasa, anda harus punya keyword ini. Tapi sayangnya, persaingan keyword seperti ini sangat berat apalagi kalau anda menjual produk-produk yang populer. Biasanya sudah ada situs ecommerce raksasa seperti Lazada, MatahariMall, Zalora, dll.

Advertisements

One thought on “4 Search Intent untuk Menentukan Nilai Sebuah Keyword

  1. Pingback: Tahapan Mencari Keyword yang Tepat dengan Menggunakan Google Keyword Planner dan Tool Lainnya | fifin hermawan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s