Menilai dan Meningkatkan Performa Keyword

Performa-KeywordHasil keyword research anda tidak selalu akurat dengan kenyataan. Meskipun riset menunjukkan hasil yang bagus, tapi bisa jadi performa keywordnya tidak memuaskan.

Kalau anda pemilik website baru, informasi ini mungkin baru bermanfaat setelah beberapa bulan ke depan. Tapi tidak ada salahnya mempelajari ilmu ini sekarang.

Karena kita akan menggunakan Google Analytics yang sudah dihubungkan dengan Google Webmasters Tool, sebaiknya hubungkan kedua akun tersebut dengan website anda untuk mendapatkan data.

Google Analytics

Buka akun website anda di Google Analytics kemudian masuk ke menu Acquisition > Search Engine Optimization > Queries. Di bagian kanan bawah, ganti ‘show rows’ dari 1 menjadi 500. Setelah itu export data dalam format Excel.

Analytics-Queries

Buka file yang barusan anda download dengan Excel atau Spreadsheet, kemudian buka sheet bernama Dataset 1. Highlight row (baris) 1 kemudian aktifkan filter dari menu Data > Filter.

Keyword Planner

Buka Keyword Planner kemudian dari file Excel tadi copy semua data dalam kolom Queries dan paste dalam Google Keyword Planner. Download data dari GKP dalam bentuk CSV. Copy data Avg. Monthly Visit dari CSV ini dan paste ke file Excel pertama kita tadi di kolom kosong paling kanan.

Performa impresi

Tambahkan satu kolom lagi di paling kanan dengan judul “Performa Impresi”. Masukkan formula untuk kolom ini Performa Impresi = Impression / Avg. Monthly Visit. Salin kebawah, abaikan yang menghasilkan error (#VALUE!).

Inilah performa keyword anda. Semakin mendekati angka 1 berarti performa semakin bagus, sedangkan semakin kecil angkanya berarti performanya kurang baik dan harus diperbaiki. Urutkan Queries berdasarkan Avg. Monthly Searches untuk menentukan prioritas.

Performa CTR (Click-Through Rate)

Untuk posisi rangking yang berbeda di mesin pencari, angka CTR standarnya juga berbeda-beda. Posisi rangking 1 memberikan CTR yang lebih tinggi daripada posisi 2, demikian seterusnya. Advanced Web Ranking sudah membuat grafik yang menunjukkan angka CTR untuk masing-masing posisi.

5425a7d00c1cf2.22412899

Data ini didapatkan melalui pengujian empiris. Posisi 1 kira-kira mendapatkan CTR sebesar 32% dari pengguna desktop dan 30% dari pengguna mobile. Artinya, kalau website anda menempati peringkat pertama, 32% orang yang melakukan pencarian akan mengunjungi website anda.

Nah, dari file Excel tadi kita bisa melihat nilai CTR untuk tiap keyword. Perhatikan terutama keyword yang nilai Average Position-nya kurang dari 5. Sesuaikan dengan grafik di atas. Kalau nilai CTR anda lebih rendah dari grafik, berarti performa anda kurang baik.

Meningkatkan performa keyword

Caranya ada 2, pertama dengan memperbaiki halaman yang sudah ada supaya makin baik secara SEO. Kedua, dengan membuat konten baru yang relevan dengan keyword tersebut. Sedangkan untuk meningkatkan performa CTR anda harus mengganti judul (meta title) dari halaman yang muncul di hasil pencarian. CTR rendah bisa jadi karena anda menggunakan judul yang tidak menarik minat calon pengunjung.

Advertisements

One thought on “Menilai dan Meningkatkan Performa Keyword

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s