Strategi Menyusun Content Marketing

Strategi-Content-Marketing1Ada 2 hal yang ampuh untuk content marketing yaitu mendatangkan pengunjung dan mendorong mereka untuk membeli.

Tidak semua konten bisa disebut sebagai strategi content marketing. Itulah 1 kesalahan yang paling umum. Dalam artikel ini anda akan belajar bagaimana merencanakan strategi content marketing yang sempurna untuk bisnis anda sendiri.

Membuat strategi content marketing

Secara umum, ada 3 tahapan dalam content marketing.

3-tahap-konten-marketing

Saat ini sudah semakin banyak bisnis yang mengandalkan content marketing. Tapi sebagian besar dari mereka hanya fokus di tahap 2: membuat konten.

Silahkan ikuti tahap 1-6 berikut ini untuk mengetahui bagaimana cara membuat strategi content marketing anda sendiri.

1. Memahami 3 tujuan dari konten

Sama seperti prinsip content marketing, konten bertujuan untuk:

  1. Mendatangkan visitor
  2. Meningkatkan kepercayaan
  3. Penjualan

Ada satu tambahan, meningkatkan kepercayaan.

2. Mengenali audiens atau target pasar anda

Coba ingat terakhir kali anda menggunakan Google Search. Apa yang anda cari? Biasanya yang paling sering yaitu informasi, atau panduan untuk menyelesaikan masalah, ada juga yang memang ingin membeli sesuatu.

Jadi fokus kita adalah membantu mereka menyelesaikan masalah. Dari sini mereka akan mengenal kita, percaya dengan kita, dan akhirnya menggunakan produk kita.

3. Memahami strategi pembuatan konten

Dalam tahap perencanaan di atas, anda sudah mengumpulkan banyak ide konten berdasarkan tipenya. Masalahnya, konten mana yang kita dahulukan? Pembuatan konten itu bukan urusan mudah, apalagi kalau sumber daya (uang dan tenaga manusia) anda terbatas.

Mengenal tipe-tipe konten

Artikel itu salah satu jenis konten, dan konten bukan cuma artikel. Ini tipe-tipe konten:

  • eBook
  • Action list/lembar kerja
  • Tool (biasanya berupa program/app)
  • Template
  • Studi kasus/analisa
  • Infografis
  • Slide presentasi
  • Video
  • Webinar
  • Artikel blog
  • Post di social media

Umumnya, konten pengenalan itu artikel, video, dan social media. Tipe konten seperti eBook, studi kasus, infografis, dan yang lainnya memang lebih sulit dibuat daripada artikel biasa tapi sangat efektif kalau anda manfaatkan sebagai konten branding.

4. Lakukan distribusi konten

Ini tahapan mendistribusikan konten:

  1. Pastikan anda sudah memiliki konten yang luar biasa. Mempromosikan konten yang tidak berkualitas justru akan merusak reputasi anda
  2. Install alat bantu analisa seperti Google Analytics
  3. Sediakan metode untuk “menangkap” pembaca, lakukan email list building
  4. Terakhir, ini intinya: pelajari metode promosi konten yang benar

5. Ukur dan analisa hasil kerja

Bagaimana cara supaya anda bisa mengetahui performa konten anda? Bagaimana anda bisa memperbaiki performa yang kurang baik? Segala hal yang kita lakukan dalam pemasaran online harus terukur. Begitu pula dengan pemasaran konten.

Jadi kalau anda belum menginstall alat ukur, segera lakukan. Yang termudah dan gratis yaitu Google Analytics.

Apa yang kita ukur?

Tolak ukur keberhasilan untuk konten pengenalan:

  1. Jumlah visitor
  2. Jumlah share ke social media
  3. Jumlah backlink

Tolak ukur keberhasilan untuk konten branding:

  1. Jumlah subscriber
  2. Tingkat konversi pelanggan
  3. Jumlah follower di akun jejaring social

Tolak ukur keberhasilan untuk konten penjualan:

  1. CTR menuju landing page/halaman penjualan
  2. Pendapatan
  3. Tingkat konversi penjualan
  4. ROI, perbandingan antara biaya yang dikeluarkan untuk konten dengan pemasukan yang didapatkan dari konten

Inilah beberapa contoh yang harus anda ukur, dan hampir semuanya bisa diketahui dengan Google Analytics. Tanpa mengetahui ini artinya anda buta dengan bisnis anda sendiri.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s