Strategi Membuat Blog yang Sukses

Strategi-Blog-SuksesTidak semua blog menjadi sukses. Rasio blog yang sukses dan yang tidak sukses sangat jauh. Begitu banyak blog yang hilang tanpa diketahui keberadaannya oleh siapapun.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi kegagalan blog, tapi faktor utamanya yaitu karena sang pemilik blog sibuk fokus ke hal-hal yang tidak terlalu penting. Sehingga mereka lupa melakukan hal yang sangat vital untuk kesuksesan blognya. Dalam artikel ini saya akan memperlihatkan langkah-langkah untuk membuat blog yang sukses.

Skala prioritas dalam proses pembuatan blog yang sukses

#1 – Tentukan niche

Ada 2 cara untuk menentukan niche apa yang sebaiknya anda pilih:

  • Sesuaikan dengan passion, minat, dan bakat
  • Sesuaikan dengan industri usaha/bisnis anda

#2 – Tentukan domain, hosting, platform, template

Nama domain yang anda pilih harus brandable. Tidak terlalu panjang dan enak diucapkan. Berikut ini beberapa contoh pemilihan nama domain:

  • RumahKopi.com
  • CangkirKopi.com
  • KopiMania.com
  • KopiDesa.com
  • PecintaKopi.com

Ada 2 pilihan penempatan blog kalau anda memiliki website bisnis yang menjual produk atau berupa toko online. Menggunakan subdirektori (domainutama.com/blog/) atau subdomain (blog.domainutama.com).

#3 – Lakukan keyword research

Proses keyword research dilakukan terutama untuk menentukan topik-topik turunan dari niche utama anda. Misalkan untuk blog ber-niche kopi:

  • Review produk kopi
  • Informasi dan review produk kopi
  • Lokasi (kafe) yang menyediakan kopi
  • Alat/mesin yang berhubungan dengan kopi
  • Panduan lain terkait kopi

#4 – Temukan siapa calon pembaca

Sebelum mulai blogging, pastikan anda sudah tahu siapa audience anda. Tahapan ini sangat penting supaya anda memahami seperti apa permasalahan yang umum yang bisa anda selesaikan. Tidak sulit menemukan mereka, kunjungi beberapa tempat ini:

  • Situs forum – gunakan Google dengan keyword: [niche] + forum
  • Facebook Groups – lakukan search di FB untuk menemukan grup terkait niche anda
  • Google+ Communities – sama seperti FB
  • Twitter, Instagram, dsb. – pelajari #hashtag apa yang sering digunakan

#5 – Pelajari (dan aplikasikan) SEO

Bagi anda yang terlalu terobsesi dengan SEO:

  • Hasil SEO butuh waktu, tidak instan. SEO bukan metode terbaik untuk mempopulerkan blog anda.
  • SEO merupakan proyek jangka panjang yang berkelanjutan, lakukan sambil jalan bersamaan dengan tahapan lain yang lebih penting.
  • SEO adalah hasil kerja anda. Kalau anda berhasil melakukan tahapan lain dalam panduan ini, rangking anda bisa jadi akan otomatis tinggi.

#6 – Buat konten berkualitas

Inilah konsep dari artikel yang berkualitas. Berikut ini ciri-ciri konten terbaik yang akan populer:

  • Berupa panduan atau pedoman lengkap
  • Solusi dari masalah yang belum ada penyelesaiannya
  • Jawaban dari pertanyaan yang selalu membuat orang bingung
  • Bukan berita, tapi analisa dari suatu berita
  • Belum pernah ada konten yang bahasannya/isinya sama

#7 – Aktif sebagai manusia di social media

Inilah alasan mengapa anda sebagai blogger sebaiknya aktif di social media:

  • Untuk berkomunikasi dengan pembaca
  • Menjalin hubungan dengan influencer
  • Mendapatkan ide konten, seperti yang dibahas tadi
  • Mempromosikan konten
  • Membagikan konten orang lain

Manfaatkanlah social media untuk membagikan konten terbaik dalam topik anda dari website lain. Dengan begini pembaca akan tetap terhibur dengan bacaan baru dan akan tetap setia dengan anda.

#8 – Lakukan promosi/distribusi konten

Ada 2 golongan sasaran anda dalam melakukan promosi, yaitu ke:

  • Audience – calon pembaca yang jelas tertarik dengan niche/industri anda.
  • Influencer – orang-orang yang memiliki audience sendiri, misalnya blogger atau orang yang sering memberikan ilmu di forum dan social media.

Untuk memasarkan ke audience, gabunglah ke forum komunitas sebagai orang yang rutin menjawab pertanyaan anggotanya. Jadilah influencer.

Sementara untuk memasarkan ke influencer, anda harus menjalin hubungan dengan mereka. Bisa melalui komentar blog, atau lebih bagus lagi lewat social media dan email.

#9 – Bangun email list

Kesalahan terbesar dari seorang online marketer adalah tidak membangun email list. Jangan ulangi kesalahan marketer lain. Segera buat sistem untuk membangun email list walaupun blog anda masih baru.

#10 – Analisa hasil kerja

Lakukan analisa terhadap blog anda dengan menggunakan tool analisa seperti Google Analytics. Tahapan ini seringkali dilewatkan oleh blogger karena merasa sulit. Padahal walaupun terlihat rumit di awal, sekali anda belajar maka pengetahuan anda akan terus terpakai.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s