Membuat Lead Magnet Berjenis Ebook PDF

ebook_logo_pdfSekarang kita akan belajar salah satu jenis lead magnet: Ebook dalam format PDF. Ebook singkatan dari Electronic Book atau buku elektronik. E-book tidak lain adalah sebuah bentuk buku yang dapat dibuka secara elektronis melalui komputer.

Tapi kenapa saya pilih yang ini? Karena ebook nilainya lebih tinggi dibandingkan konten biasa, proses pembuatannya juga termasuk yang paling mudah. Untuk artikel ini, saya akan menjelaskan membuat ebook menggunakan Microsoft Word. Mari kita mulai.

Membuat kerangka isi ebook

Tahap pertama yaitu membuat kerangka isi ebook. Isinya berupa topik-topik yang dibahas di dalam ebook anda, beserta subtopiknya untuk masing-masing topik. Sebagai contoh, ini kerangka yang saya buat:

Kerangka-panduan-lead-magnet

Mengatur layout dan tipografi di Microsoft Word

Tahap kedua yaitu mengatur layout dan tipografi. Beberapa prinsip dasar mengenai tipografi:

  1. Gunakan ukuran font yang lebih besar daripada standarnya, supaya lebih mudah dibaca (18-22pt untuk paragraf biasa)
  2. Jangan gunakan font yang terlalu umum seperti Times New Roman, Verdana, Tahoma, atau Arial
  3. Gunakan maksimal 3 jenis font, untuk judul/subjudul, paragraf, dan keperluan khusus lainnya
  4. Gunakan maksimal 3 warna, untuk judul/subjudul, paragraf (biasanya putih dan/atau hitam), dan hyperlink
  5. Aturan nomor 3 & 4 bisa dilanggar kalau memang diperlukan
  6. Biasakan menggunakan formatting style yang ada di Word, Pages, atau Google Docs

Ini contoh formatting style saya untuk salah satu ebook:

Formatting-style-di-PIM

Dengan membuat formatting style seperti ini, anda tidak perlu lagi mengedit satu per satu untuk setiap judul/sub-judul dan paragraf. Tinggal klik di menu.

Menulis isi ebook

Tahap ketiga yaitu menulis isi ebook, biasanya tahap ini memakan waktu paling lama dibanding tahapan lain, kecuali kalau PDF anda cuma 1-2 lembar.

Ini beberapa tip:

  1. Gunakan subjudul (header 2 & 3) supaya paragraf tidak bertumpuk-tumpuk
  2. Gunakan list untuk menjelaskan lebih dari satu poin, seperti yang sedang anda baca sekarang ini
  3. Hindari paragraf yang terlalu panjang
  4. Gunakan gambar yang bisa membantu penjelasan. Ini wajib. Tulisan panjang tanpa gambar pasti membosankan.

Membuat halaman call to action

Tahap keempat adalah membuat halaman call to action. tahap ini merupakan bagian dari strategi pemasaran, pasti kita ingin supaya pembaca melakukan sesuatu setelah mereka selesai membaca.

Misalnya membeli produk, mengunjungi website, membaca artikel lain, atau membantu menyebarkan ebook tersebut kepada orang lain. Untuk itulah kita butuh 1 halaman khusus ini. Ini contoh halaman call to action di ebook milik Unbounce:

CTA-ebook-unbounce

Membuat halaman sampul

Tahap kelima yaitu membuat halaman sampul. Ada 3 alternatif cara membuat sampul.

  1. Desain langsung di dalam Microsoft Word. Untuk desain sampul yang sederhana, cara ini lebih mudah.
  2. Kalau lebih rumit, anda bisa buat desain di Photoshop. Kemudian gambarnya dimasukkan ke Word anda.
  3. Bayar orang lain untuk mendesain sampul.

Setelah tahap ini selesai, anda bisa menyimpan file dokumen anda menjadi PDF. Sewaktu menyimpan ke format PDF, pilih menu ini:

Simpan-ke-format-PDF

Sampai di tahap ini, ebook anda sudah selesai dibuat.

Membuat mock-up buku

Tahap keenam atau tahap terakhir yaitu membuat mock-up buku. Dari desain sampul ebook yang tadi kita buat seolah-olah buku anda seperti nyata. Untuk membuat yang seperti ini, kita butuh Photoshop.

Kemudian download salah satu template yang anda sukai (klik di nama templete):

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s