Menentukan Topik Untuk Lead Magnet

Topik-Lead-MagnetLead magnet bisa jadi efektif jika kita bisa menentukan topik untuk sebuah konten. Tujuan kita melakukan marketing adalah untuk meyakinkan orang-orang yang punya keinginan untuk membeli.

Misalnya kalau anda menjual jasa konsultasi manajemen bisnis. Maka list anda sebaiknya terdiri dari pengusaha yang punya masalah manajemen. Jangan sampai lead magnetnya justru malah mengundang orang yang bahkan tidak punya bisnis.

Itulah pentingnya pemilihan topik. Dalam artikel ini kita akan belajar bagaimana memilih topik untuk lead magnet dengan melakukan buyer’s journey.

Memahami tahapan dalam buyer’s journey

The buyer’s journey memiliki tiga tahapan, yaitu awareness stage (tahap mengenal), consideration stage (tahap mempertimbangkan), dan decision stage (tahap memutuskan).

buyer journey

Misalnya Budi ingin beli AC untuk di kamarnya, kira-kira seperti ini tahapannya sebelum membeli:

  1. Budi sadar dia punya masalah, suhu kamarnya panas
  2. Budi mencari tahu apa solusi untuk kamar yang panas
  3. Budi tahu bahwa solusi terbaik adalah membeli AC
  4. Ternyata ada banyak jenis dan merek AC, Budi mencari tahu jenis mana yang tepat untuk kamarnya dan merek mana yang terbaik
  5. Akhirnya Budi membeli memutuskan membeli AC merek Sharp dengan kapasitas 1 PK

Dengan adanya kasus tersebut kita dapat mudah menentukan topik untuk lead magnet. Semoga bermanfaat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s