13 Cara Mempromosikan Konten Blog untuk Mendapatkan Pengunjung

rahasia-promosi-konten-blogPromosi adalah salah satu aktivitas yang sebaiknya jangan anda lewatkan. Membuat konten itu salah satu bagian terpenting dalam pemasaran online.

Jika dalam satu minggu anda bisa membuat 1 konten maka 4 hari pada minggu tersebut harus anda gunakan untuk mempromosikan konten anda.

Kesalahan besar dalam promosi konten

  1. Kita TIDAK mempromosikan blog yang kita promosikan adalah konten. Artinya setiap kali anda menaruh link di berbagai tempat, bawa langsung ke konten yang ingin anda promosikan.
  2. Konten anda harus yang terbaik. Bukan konten yang hanya copy paste, ganti kata, tulis ulang. Konten anda harus punya ide-ide baru di dalamnya, dan yang terpenting: harus membantu orang lain menyelesaikan masalah.
  3. Jangan gunakan tool otomatisasi minimal sampai anda sudah punya audience sendiri. Bicaralah kepada orang yang ingin anda promosikan sebagai manusia, bukan robot. Lakukan promosi secara manual.

Untuk itu lakukan 13 cara mempromosikan konten blog yang efektif.

1. Menyiapkan ‘umpan’ sebelum konten diterbitkan

Tidak semua jenis konten akan bisa populer. Untuk itu, perhatikan 2 hal: Pemilihan topik dan isinya. Topik dari konten anda harus bersifat urgent atau mendesak. Topik yang membuat orang lain merasa bahwa mereka harus baca saat ini juga.

2. Buat email list

Dengan membangun email list, usaha promosi konten anda jadi berkali-kali lipat lebih mudah. Anda akan bisa mendapatkan 1000 pengunjung dari berbagai tempat.

3. Dapatkan follower dan post konten ke social media

Ada 2 hal yang harus anda perhatikan dalam menggunakan social media:

  1. Jangan pernah beli follower/like.
  2. Jangan hanya share link dari website anda sendiri saja.

4. Sebutkan blogger lain di konten, lalu beritahu mereka

Misalnya begini: Saya membuat artikel dengan topik “menurunkan berat badan”, dalam artikel ini saya merekomendasikan blogger lain dalam bentuk link sebagai tambahan bacaan yang bagus.

Setelah artikel ini diterbitkan, saya menghubungi orang-orang yang disebutkan di dalamnya, kemudian minta mereka untuk share. Maka dari itu, di konten anda usahakan selalu memasang link ke blogger lain.

5. Gabung ke Facebook Group yang bersih

Karena banyaknya orang Indonesia yang aktif dalam Facebook Groups, komunitas ini bisa menjadi salah satu tempat promosi terbaik. Sebelum bergabung, ingat 2 hal ini.

  1. Jangan promosi ke grup yang tidak ada kaitannya dengan topik blog dan konten anda.
  2. Jangan promosi ke grup yang isinya sebagian besar spam link website.

6. Gabung ke Google+ Communities

Mirip seperti Facebook Groups. Meskipun di Google+ lebih sepi tapi umumnya komunitas disini lebih rapi dan antusias. Filter spam di Google+ jauh lebih kuat daripada Facebook.

7. Gabung ke situs forum

Tugas utama anda setelah bergabung di komunitas bukan untuk langsung posting berisi link. Jadi jangan langsung komentar yang berisi link apalagi membuat thread baru.

Sebaliknya, lakukan ini:

Jawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan orang lain. Forum merupakan tempatnya orang yang ingin berdiskusi dan tanya-jawab. Tidak jarang anda akan menemukan orang yang bertanya tentang topik tertentu.

8. Ubah bentuknya lalu publish di berbagai tempat

Kalau anda punya konten berupa artikel, anda bisa membuat video, PDF, atau infografis dengan isi yang sama persis. Dari 1 jadi 4 sekaligus. Begitu pula kalau anda punya konten video, bisa dijadikan artikel juga.

Sehingga apabila dalam konten yang diterbitkan di website-website tadi terdapat link menuju website anda, maka anda akan mendapatkan banyak traffic.

9. Monitor percakapan dan konten baru yang relevan

Misalnya anda punya konten tentang ‘belajar Bahasa Inggris’. Ternyata di suatu situs komunitas ada beberapa orang yang bertanya satu sama lain, gimana sih caranya belajar Bahasa Inggris yang efektif?

Ini kesempatan untuk promosi konten. Sudah ada orang yang membutuhkan bacaan, kita tinggal datang dan berikan linknya.Tapi masalahnya, internet itu kan luas. Lalu bagaimana cara kita bisa menemukan kalau ada orang yang membicarakan topik tertentu? Mudah:

Ada beberapa tool yang bisa kita gunakan untuk memonitor.

  1. Google Alerts
  2. Fresh Web Explorer
  3. Mention

10. Tulis komentar yang cerdas dan bermanfaat di blog lain

Komentar blog itu bermanfaat:

  1. Mendapat pengunjung langsung (meskipun tidak banyak)
  2. Jadi dikenal oleh si pemilik blog (kalau komentarnya luar biasa)

11. Guest blogging di blog yang populer

Situs komunitas jadi salah satu solusi paling efektif. Bukan hanya situs komunitas. Masih ada 1 lagi cara yang sangat ampuh untuk langsung mendatangkan pengunjung.

Guest blogging di blog yang populer. Dengan begitu pembaca dari blog tersebut akan langsung mengenal anda dan langsung menuju website anda sendiri.Melalui guest blogging karena kita juga mendapatkan backlink maka peringkat di mesin pencari juga akan meningkat drastis.

11. Buat supaya pembaca bisa bantu mempromosikan

Konten tidak akan pernah jadi populer kalau hanya anda seorang diri yang promosi. Pembaca juga harus aktif. Jadi sebetulnya tantangan utama anda bukan “bagaimana mempromosikan”, tetapi “bagaimana supaya pembaca juga mau mempromosikan”.

Ini tipsnya:

  1. Gunakan gambar yang menarik
  2. Buat artikel panjang (> 2500 kata)
  3. Sediakan tombol share
  4. Minta mereka untuk share

12. Bangun tribe dan promosi silang dengan pemilik website lain

Apapun yang dilakukan bersama-sama biasanya mendatangkan hasil yang lebih baik daripada seorang diri. Jadi daripada bekerja seorang diri, bagaimana kalau kita bekerja sama dengan blogger lain?

Kerjasama yang anda lakukan bisa dalam bentuk saling memasang backlink dalam konten, saling Tweet, email ke subscriber, dsb.

13. Hubungi mereka yang sudah pernah share konten sejenis

Kalau seseorang sudah pernah share konten dalam suatu topik, mereka akan cenderung lebih menerima kalau kita tawarkan konten yang sejenis. Pertama-tama, cari konten yang sejenis dengan konten anda.

Biasanya dalam proses riset saat membuat artikel kita sudah menemukan banyak artikel yang sejenis. Simpan link-link artikel tersebut.

Demikianlah 13 cara mempromosikan konten blog. Semoga bermanfaat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s