7 Tips Meningkatkan Efektifitas Lead Magnet

lead-magnetUntuk meningkatkan keefektifan lead magnet kita perlu beberapa tips supaya orang lain benar-benar tertarik dengan konten anda.

Berikut ini 7 tips praktis supaya lead magnet yang anda buat jadi semakin efektif mulai dari pembuatan, penerapan, sampai promosinya.

1. Buat lead magnet yang spesifik terhadap konten

Buat lead magnet yang spesifikik terhadap konten artinya isinya berhubungan dengan apa yang sedang dijelaskan di dalam konten tersebut. Para pembaca merasa bahwa mereka butuh isinya.

2. Buat lebih dari satu lead magnet

Kalau anda punya banyak konten yang topiknya berbeda, tentunya anda juga akan butuh banyak lead magnet. Lebih bagus lagi kalau kita punya 2 jenis:

  1. Lead magnet yang sifatnya umum dan nilainya tinggi, misalnya ebook. Tampilkan di seluruh halaman website
  2. Lead magnet lainnya yang spesifik terhadap konten. Tampilkan sebagai bonus ketika pengunjung membaca konten tersebut

3. Lakukan segmentasi email list

Untuk melakukan segmentasi email list akan lebih mudah kalau anda punya lead magnet yang spesifik terhadap isi dari halaman tertentu di website anda. Berikut adalah contoh website penjualan AC.

Segmentasi-list-dengan-konten

4. Jelaskan manfaat apa yang akan mereka dapatkan

Bagi orang yang awam jelaskan istilah-istilah asing yang ada di sebuah konten. Mereka tidak tahu fungsinya apa, manfaatnya apa.

Lead magnet anda tidak akan jadi efektif. Maka dari itu, jelaskan secara singkat apa yang akan mereka dapatkan dan apa manfaatnya untuk mereka.

5. Pelajari copywriting

Pelajari ilmu copywriting terutama dasar-dasarnya, karena itu sangat berpengaruh terhadap sebuah konten. Ilmu copywriting akan meningkatkan efektifitas lead magnet.

6. Manfaatkan social media untuk mendapatkan banyak peminat

Orang-orang di social media dan forum online biasanya suka kalau diberikan gratisan. Apalagi yang bermanfaat bagi mereka.

Promosikan lead magnet anda ke komunitas-komunitas di social media dan forum supaya bisa langsung mendapatkan banyak subscriber.

7. Rencanakan langkah selanjutnya setelah mereka mendaftar

Selalu kirimkan sesuatu minimal sebulan sekali ke email list. Kalau tidak, mereka akan lupa dengan anda. Ini beberapa contoh yang bisa anda kirimkan:

  1. Ucapan selamat datang
  2. Ajakan untuk berdiskusi
  3. Konten yang bermanfaat bagi mereka
  4. Promosi

Setelah membuat lead magnet, langsung persiapkan konten dan email yang akan anda kirimkan kepada pada subscriber.

Itulah 7 tips untuk menerapkan lead magnet.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s