Menggunakan Formula AIDA dalam Copywriting

AIDA-green-eye-for-designPada artikel ini saya akan menjelaskan cara menggunakan AIDA dalam Copywriting untuk meningkatkan efektivitas penjualan

Apa itu AIDA?

AIDA adalah singkatan dari:

  1. Attention
  2. Interest
  3. Desire
  4. Action

1. Attention

Attention -> bagaimana menangkap perhatian pembaca. Tulisan yang kita buat harus mampu menangkap perhatian pembaca.

Lalu bagaimana cara kita menarik perhatian mereka?

  • Judul/headline
  • Gambar
  • Kalimat-kalimat pembuka

2. Interest

Interest -> bagaimana membuat mereka tertarik dengan anda.

Lalu bagaimana cara membuat mereka tertarik?

  1. Informasi/fakta
  2. Statistik
  3. Studi kasus
  4. Kondisi idealnya
  5. Alasan

3. Desire

Desire -> bagaimana membuat mereka sangat-sangat-sangat menginginkan produk/layanan anda.

Lalu bagaimana cara membuat mereka sangat-sangat menginginkan produk/layanan anda?

  1. Dengan menyebutkan benefits atau manfaat
  2. Dengan memancing emosi negatif dan memberikan solusi

4. Action

Action -> bagaimana mengajak mereka untuk mengambil tindakan.

Apapun tindakan yang anda inginkan — membeli produk, mendaftar, membuat akun, mendownload, mengirim email, menelepon — ungkapkan di bagian ini.

Advertisements

One thought on “Menggunakan Formula AIDA dalam Copywriting

  1. Pingback: Membuat Landing Page dengan Teknik Copywriting | fifin hermawan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s