3 Langkah Menulis Iklan yang Menjual

Salah satu strategi pemasaran yang paling efektif adalah menulis iklan. Anda bisa mempromosikan produk anda dengan iklan yang menjual.

Pada artikel ini saya akan menjelaskan panduan mudah menulis naskah iklan. Ada tiga langkah menulis iklan yang menjual diantaranya:

Langkah 1# Sebelum Menulis

Mari kita lihat apa saja yang wajib Anda persiapkan :

Menentukan target pelanggan ideal

Ketika saya katakan orang yang tepat, itu berarti :

  • Orang yang benar-benar menginginkan produk Anda, dan
  • Siap membelanjakan uang untuk memilikinya

Jadi pemilihan target konsumen ideal terkait dengan 2 hal :

  1. Apakah orang itu punya masalah dimana produk Anda menjadi solusinya ?

Orang dengan senang hati membayar demi menghapus masalah dari hidupnya.

  1. Apa konsekuensi (potensi kerugian lebih besar) jika mereka tidak membeli produk Anda ?

Orang gampang mengeluarkan uang untuk produk yang berjanji menghindarkan mereka dari resiko.

Contoh jasa cetak kaos satuan

Calon konsumen Anda mestilah individu yang ingin mencetak 1 desain pada 1 lembar kaos saja, atau ingin membeli kaos 2 pasang (atau couple).

Bisakah Anda menemukan kelompok orang yang cocok dengan profil konsumen diatas ?

Target pelanggan yang ideal:

Remaja umur 15-25 tahun atau pasangan kekasih yang ingin mengenakan kaos couple

Menyiapkan fakta-fakta pendukung kredibilitas anda

Sekarang saya ingin Anda mencatat segala sesuatu tentang diri Anda. Misalnya

  • Siapa anda
  • Apa nama merek atau perusahaan anda
  • Dimana alamat usaha anda
  • Berapa nomor kontak telepon, email, SMS, BBM, dsb

Setelah menunjukkan identitas anda, sekarang cara menemukan keunggulan produk anda.

Cara membuat penawaran tak tertahankan

Apa itu penawaran ?

Sederhananya, penawaran adalah jawaban Anda pada konsumen yang bertanya :

Apa yang Anda punya untuk saya ?”

Dengan kata lain, penawaran merupakan definisi dari iklan itu sendiri, yaitu Anda memberitahu orang-orang apa yang Anda jual.

Saya menawarkan jasa cetak kaos tanpa minimal order dengan harga murah. Dan jika Anda belum punya desain sendiri, saya akan membuatkan desain kaos sesuai ide & selera Anda, gratis.

penawaran pendukung sebagai ‘pemanis kesepakatan’.

Plus Anda juga akan mendapakan bonus 1 lembar kaos bila Anda mencetak sebanyak 12 pcs & berlaku untuk setiap kelipatannya.

Ketika Anda menggunakan template diatas pada produk Anda sendiri, maka sebenarnya Anda telah membuat sebuah penawaran.

LANGKAH 2# MENULIS IKLAN

Langkah kedua ini kita bicara soal formula. Untuk menulis iklan bagian formula adalah struktur body iklan mulai dari pembuka sampai penutup. Berikut ini adalah struktur body iklan

Penawaran: Apa yang anda punya?

Tawarkanlah produk Anda. Anda bisa menawarkan produk pada kalimat pembuka.

Mengapa harus tertarik pada penawaran anda?

Saatnya Anda menawarkan “pemanis kesepakatan”. Cara terbaik menunjukkan penawaran Anda berbeda dan begitu menguntungkan, hingga mereka akan kehilangan banyak manfaat jika mengabaikannya.

Siapa anda: mengapa harus percaya kata-kata anda?

Pada paragraf ini, pertama-tama Anda memperkenalkan siapa nama Anda atau nama merek & perusahaan Anda.

Kemudian Anda menyambungnya dengan fakta-fakta kredibel yang mengklaim Anda punya kredibiltas dibidang usaha yang Anda geluti.

Buktikan kata-kata anda itu benar

Bagi konsumen, tidak ada yang lebih meyakinkan selain pengakuan pihak ketiga atas kredibiltas Anda.

Pengakuan pihak ketiga dapat berupa 2- 3 testimonial dari pelanggan Anda Atau pengakuan lembaga kredibel yang terkait dengan usaha Anda dalam bentuk sertifikat (contoh BPOM atau MUI di industri makanan & farmasi) atau Award atas prestasi produk/merek/usaha Anda.

Beritahu fitur & manfaat fitur anda

Saatnya beritahu mereka bahwa produk anda solusi paling tepat untuk mengatasi masalah mereka.

Bagaiman cara memesan?

Apapun metode pemesanan yang Anda pilih, gunakan kalimat ringkas yang menunjukkan betapa mudahnya proses pemesanan produk.  Berikut beberapa pemesanan yang bisa anda lakukan:

  • Pemesanan via telepon
  • Pemesanan langsung ditoko, dealer, gerai atau showroom
  • Pemesanan via email
  • Pemesanan online di website anda

Apa konsekuensi jika tidak memesan produk/jasa anda?

Pastikan mereka tahu konsekuensi, resiko atau kerugian yang rawan menimpa jika menunda membeli produk Anda.

Perintah memesan sekarang

Tidak ada cara yang lebih baik menutup iklan, selain “memerintahkan” pembaca segera membeli produk Anda.

Anda bisa menggunakan kalimat seperti dibawah ini:

“hubungi kami sekarang di nomor 0981 9862 1234. Dapatkan bonus 2x pemotongan rumput gratis, PLUS garansi 30 hari uang kembali.”

LANGKAH 3# MENGEDIT IKLAN

Langkah terakhir yaitu mengedit iklan, ada 8 tips mengedit naskah iklan

  1. Baca dengan suara keras -> Jika terdengar buruk saat diucapkan, maka kalimat itu juga buruk saat dibaca.
  2. Gunakan kata konkret -> Naskah iklan yang anda tulis harus jelas sehingga mudah dimengeti oleh konsumen
  3. Buang kata-kata tidak perlu -> Jika makna kalimat Anda tidak berubah setelah menghapusnya, itu berarti kata tersebut tidak diperlukan. Misalnya kata-kata “bahwa”,”adalah”,”sangat”
  4. Gunakanlah format scannable -> Agar iklan Anda lebih scannable, terapkan ke-4 trik berikut : Tebalkan kata/kalimat, Variasikan ukuran font, Gunakan bulleted or numbered list, dan Perbanyak spasi antar paragraf
  5. Gunakan paragraph pendek -> Paragraf pendek dapat memperbanyak spasi pada halaman iklan Anda. Kemudian, sesekali, Anda variasikan dengan paragraf yang terdiri dari 1-2 baris.
  6. Hindari huruf besar & tanda seru!!! -> Huruf besar dan deretan tanda seru dibelakang kalimat tidak akan mengubah situasi. Yang terjadi malah semakin memperburuk keadaan membaca.
  7. Hemat kretifitas -> Misalnya menambahkan animasi (GIF)
  8. Periksa kesalahan ejaan & ketikan -> Salah ejaan dan ketikan menunjukkan Anda tidak professional. Jadi periksa lagi naskah anda sebelum anda posting

Sekian artikel dari saya. Semoga bermanfaat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s