Cara Menggunakan BBM untuk Marketing

bbm marketingAnda tentu tahu bahwa semakin hari pengguna BBM di Indonesia semakin banyak. Belum lagi jika anda melihat kenyataannya sekarang bahwa fasilitas BBM tidak hanya bisa digunakan dalam platform BlackBerry saja, tapi juga Android dan Ios. Artinya, market anda semakin luas.

Jadi jangan pernah berpikir bahwa menggunakan BBM untuk media promosi itu tidak efektif. Kalau sudah tahu caranya dan merasakan dampak positif yang luar biasa pada peningkatan omset bisnis anda, saya yakin pemikiran anda akan berubah.

Jika sudah tahu caranya semuanya akan terasa mudah

Blackberry punya pin khusus sebagai identitas dalam BBM yang bisa digunakan untuk saling komunikasi satu sama lain. Anda bisa menjadikan BlackBerry ini sebagai salah satu media promosi untuk produk-produk anda.

Perhatikan skenario berikut :

Kita asumsikan anda ingin mencapai omset 100 juta per bulan. Maka skenarionya adalah :

  • Target omset Rp. 100.000.000/bulan
  • Target hari 30 hari
  • Omset Harian Rp. 100.000.000 – 30 = Rp. 3.333.333

Untuk memudahkan perhitungan mari kita bulatkan menjadi Rp. 3.500.000

Artinya, untuk bisa tembus omset 100 juta per bulan, anda cukup closing setiap hari sebesar Rp. 3.500.000

“Bagaimana kalau dalam sehari saya closingnya hanya Rp. 1.500.000”

Artinya, dihari berikutnya anda harus menambal kekurangan tersebut. Anda harus memikirkan bagaimana caranya agar bisa tembus omset Rp. 3.500.000 (hari ini) + Rp. 1.500.000 (kekurangan hari sebelumnya).

Intinya adalah bertanggung jawab terhadap target yang sudah ditetapkan anda harus tahu angka closing harian anda.

Anda perhatikan Rumus berikut ini:

PROSPEK x % CLOSING = BUYER x AVG SALES x REPEAT ORDER = OMSET

Keterangan:

  • Prospek -> Jumlah orang yang datang dan menghubungi anda. Mereka tertarik dengan produk anda, tapi belum pernah beli
  • % Closing -> Persentasi konversi yang akhirnya memutuskan untuk beli produk anda
  • Buyer -> Jumlah pembeli produk anda
  • AVG Sales -> Rata-rata penjualan setiap terjadi transaksi
  • Repeat Order -> Jumlah repeat order atau customer yang melakukan pembelian produk anda secara berulang
  • Omset -> Jumlah uang yang anda dapatkan dari hasil penjualan

Mulai sekarang, kalau anda ingin meningkatkan omset anda secara signifikan, fokus pada penyebabnya. Apa saja itu?

Prospek, % Closing, AVG Sales, dan Repeat Order

Hanya empat itu saja.

Bagaimana penerapannya?

Karena media promosi yang akan kita gunakan adalah Blackberry, maka saya akan mengarahkan anda untuk fokus di media ini saja. Begini penjelasannya:

  • Prospek -> Ini adalah kontak pin BB anda. Semakin banyak kontak pin BB anda, semakin banyak prospeknya.
  • % Closing -> Seberapa besar kemampuan anda meng-closing-kan orang yang tanya-tanya untuk beli produk anda.
  • AVG Sales -> Seberapa besar transaksi penjualan yang terjadi pada customer anda. Cuma 1,2,3 atau borongan
  • Repeat Order -> Seberapa hebat anda membina customer agar mereka terus beli ke anda

Media promosi di BlackBerry

BB memiliki fitur-fitur yang bisa digunakan untuk media promosi seperti smartphone lain pada umumnya. Misalnya..

  1. Telepon -> anda bisa melakukan telemarketing kepada calon customer, customer, dan atau klien bisnis anda.
  2. SMS -> anda bisa menyebarkan informasi singkat seputar bisnis anda atau promo produk
  3. Email -> anda bisa berkomunikasi satu sama lain dengan partner bisnis anda atau menyebar Email untuk mempromosikan bisnis anda.
  4. Facebook -> anda bisa menggunakn Facebook untuk mempromosikan produk andadengan cara posting di status FB personal atau fanpage
  5. Twitter -> anda bisa menggunakn Twitter untuk aktif di social media dengan cara berbagi informasi bermanfaat atau informasi produk melalui tweet dan kultwit.

Selain fitur-fitur tersebut, anda juga bisa download aplikasi WhatsApp, Line, Kakao Talk, dan lain-lain untuk memudahkan anda berkomunikasi atau menjaga hubungan dengan customer anda.

Khusus anda yang menggunakan Android atau Ios, anda bisa menggunakan sosial media lainnya seperti Path dan Instagram yang bisa anda gunakan sebagai media promosi yang efektif

Gandi DP (Display Picture), Dapat DP (Down Payment)

Variasi gambar akan meningkatkan % closing penjualan anda. Berikan foto terbaik di DP anda. Apa saja yang bisa kita tampilkan dalam Display Picture? Berikut adalah pilihannya:

  • Foto pribadi anda
  • Gambar dengan tukisan motivasi atau renungan
  • Gambar lucu
  • Logo Brand anda

Update status dapat fulus

Status adalah kata perangsang anda untuk teman-teman BlackBery anda. Oleh karena itu, gunakan kata-kata yang sekiranya dapat membuat mereka terangsang untuk melihat personal message anda.

Berikut ini kata-kata perangsang yang bisa anda gunakan :

FULL ORDER! LARIS! TERBUKTI! Mau? Buruan! Penting! Pengumuman! Perhatian! Dicari! Terpercaya! Segera . Dan masih banyak lagi..

Sekali Broadcast, dapat cash!

Anda bisa menggunakan broadcast message sebagai media promosi. Kirim ke seluruh kontak BB anda pastikan promosi anda menarik dan orang-orang  mau membeli produk anda.

Pastikan orang-orang yang ada di kontak BB anda adalah target market ideal bisnis anda.

Tips melakukan Broadcast:

  • Pisahkan BB pribadi dengan BB bisnis
  • Camtumkan nama pribadi anda dalam Display Name BB bisnis anda
  • Biarkanlah orang lain yang invite pin BB anda. Teman BB mu = target marketmu
  • Jika anda menggunakan jasa promote pin BB, pastikan kontak yang didapat dari jasa promote pin BB tersebut ada hubungannya dengan bisnis anda.

Membawa customer & Reseller via Grup

Grup BB adalah salah satu fitur dalam BlackBery Mesengger yang bisa anda gunakan untuk membina customer dan reseller anda.

Dengan adanya Grup BB ini anda bisa mempromosikan produk anda  ke customer & reseller. Anda juga bisa memposting produk anda berupa gambar dan melakukan obrolan antar sesama customer.

Demikianlah sedikit pembahasan tentang cara menggunakan BBM untuk marketing. Semoga bermanfaat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s