Strategi Berjualan di Social Media LINE

Cover-LineBicara soal socmed, sekarang ini makin banyak sekali sosial media yang bertebaran. Setiap brand social media saling menunjukkan keunggulan masing-masing.

Sebagai contoh platform LINE yang memang ditekankan pada fitur messenger namun memiliki fitur pendukung lainnya. Beberapa di antaranya adalah grup chat, permainan dan bisa dimainkan bersama, bisa update status dan sebagainya

LINE merupakan salah satu aplikasi sosial media yang digunakan untuk mengelola keperluan bisnis maupun organisasi. Line termasuk sesuatu yang baru, anda bisa menggunakan LINE sebagai alat marketing.

Memahami Fitur-Fitur LINE

Sebelum kita bahas lebih jauh mengenai LINE Marketing, penting bagi anda untuk mengetahui segala macam fitur dan istilah yang ada di dalam LINE, karena ini sangat membantu anda dalam memahami berbagai strategi LINE Marketing.

  1.  Sticker

Tersedia berbagai sticker yang menarik, Ada lebih dari 255 sticker menarik yang dapat kita gunakan untuk mengekpresikan perbincangan dalam bentuk gambar.

  1.  Attachment

Fitur ini merupakan fitur yang sangat menarik pada line, pada fitur attachment kita dapat melampirkan file untuk dikirim ke sesame pengguna line seperti suara, gambar, dll.

  1.  Call

Memungkan untuk dapat menelfon teman sesama pengguna line tanpa menambah biaya pulsa karena menggunakan jaringan internet.

  1.  QR code

Kita dapat memanfaatkan fitur ini untuk menambah pertemanan dalam line dengan cara scan QR code. Ini adalah cara terbaru  LINE untuk menambah daftar kontak

  1.  Timeline

FITUR untuk dapat melihat daftar update yang di update oleh pengguna line yang menjadi daftar kontak pada aplikasi ini.

  1.  Video call

Terdapat fitur video call yang dapat  digunakan untuk berkomunikasi dengan keluarga, teman, kerabat, pacar, sampai rekan bisnis.

  1.  Info menarik dari official account line

Pada fitur ini kita dapat menerima pesan asli dari artis favorit kita dari Negara pilihan jika menambahkan official account line.

Strategi Promosi LINE Marketing

Berikut ini strategi promosi untuk menambah follower dan teman di LINE :

Dapetin Cash dari Broadcast

Broadcast ini sangat efektif karena dapat menjangkau setiap follower sebuah akun. Dalam iklan broadcast, anda bisa menyertakan pic agar lebih menarik.

Maksimal balloon (pesan) per broadcast adalah 3 pesan, silahkan tentukan komposisi antara pic dan text sesuai keinginan anda.

broadcast-ps

Jumlah karakter text dalam broadcast terbatas 500 karakter, oleh karena itu usahakan agar materi iklan anda dapat singkat, padat namun tetap menarik.

Kapan waktu terbaik untuk promosi di LINE?

Secara garis besar, terdapat 3 prime time di LINE. Waktu yang paling efektif untuk melakukan promosi adalah :

  • Pagi hari sekitar pukul 06.00-08.00 saat banyak orang sedang di perjalanan, menunggu jam masuk sekolah atau kuliah, dan sebelum memulai aktivitas kerja.
  • Siang hari pukul 12.00-13.00 saat jam istirahat dan makan siang.
  • Malam hari sekitar pukul 19.00-22.00 adalah promosi paling baik karena di jam inilah social media  paling banyak diakses.

Promote For Promote

Di dunia twitter kita mengenal istilah salprom (saling promote), di dunia LINE kita mengenal istilah PFP (Promote For Promote).

PFP dilakukan antara sesama admin LINE yang jumlah followersnya mirip dengan tujuan saling mendukung dan sama-sama memperbanyak jumlah followers masing-masing.

Sebagai contoh, anda punya akun dengan jumlah followers 1000. Bagaimana caranya agar dalam waktu singkat anda bisa mencapai 10.000 followers?

Simple, usaha yang paling mudah anda lakukan adalah cari 10 akun lainnya dengan 1000 followers dan buat grup PFP dan nantinya anda janjian antar admin untuk bergantian saling promote akun masing-masing.

10 Teknik Rahasia Jualan di LINE

Ada 10 teknik jualan di social media LINE yang efektif :

Teknik 1: Tanda Seru

Pastikan nama akun anda cukup menarik dan mudah diingat. Tambahkan tanda seru (!) didepan nama akun jualan anda agar berada di urutan teratas contact list followers anda.

Teknik 2: ID Kembar

Gunakan ID yang sama pada LINE dan LINE@, bukan salah satu. Contohnya, @herbalstore.id dan herbalstore.id

Jika calon followers anda lupa menambahkan simbol @ saat ADD FRIEND, minimal masih nyasar ke akun milik anda.

Teknik 3: Instagram + LINE

Jangan lupa mencantumkan LINK akun LINE@ anda di profil akun instagram anda agar calon konsumen dapat terhubung dengan LINE@ anda hanya dalam 1 KLIK saja.

Teknik 4: ATM vs ATP

Gunakan ATM -> Amati, Tiru, Modifikasi. Jangan ATP -> Amati, Tiru, Plek

Jangan meniru mentah-mentah atau jiplak akun jualan orang lain. Mengapa? Jarang sekali orang yang meniru dapat lebih sukses dari orang yang ditiru.

Justru anda hanya akan menambah popularitas akun yang anda tiru dan mematikan sisi kreatif dalam diri anda.

Teknik 5: No Stupid Spamming

Jangan terlalu sering mengirim pesan broadcast berbentuk jualan, karena itu akan meningkatkan persentase block dari followers anda.

Teknik 6: Rajin Posting

Jadikan posting di timeline sebagai kebiasaan baru anda. Rutinlah POST di timeline, minimal setiap 2 jam sekali.

Teknik 7: Website

Saya menyarankan anda memiliki alamat website yang sama dengan nama LINE, LINE@ dan instagram anda. Ini bisa menambah kepercayaan calon konsumen dan menaikkan jumlah transaksi adalah website yang memiliki tampilan yang baik.

Teknik 8: Closing Otomatis

Fitur auto reply di LINE@ sangat membantu melayani pelanggan. Menerapkan system Auto Reply di akun jualan agar calon konsumen yang hanya ingin bertanya soal informasi produk dan harga tidak perlu menunggu lama, dan calon konsumen yang serius mau membeli atau konsultasi lebih lanjut saya arahkan ke akun khusus untuk order dan konsultasi.

Teknik 9: Jawab Cepat

Untuk menjawab cepat maka anda perlu fitur auto text. Sayangnya, fitur ini belum tersedia secara otomatis ketika anda membeli android. Oleh karena itu anda perlu untuk mendownload aplikasi SMART KEYBOARD di android sebagai solusi bagi autotext anda.

Teknik 10 : Berikan Diskon

Anda mau jualan anda rame? Ya kasih harga diskon. Anda beri dia promo diskon tapi terbatas. Misalnya seperti ini:

“Sedang ada PROMO selama 3 hari (1-3 April) dan besok adalah hari terakhir masa promo. Kalo memang minat serius saran saya ambil hari ini aja karena jumlah paket promo juga kami batasi”

Diluar tanggal tersebut saya kasih harga normal. Dengan adanya promo tersebut konsumen akan merasa tertarik untuk membeli produk anda.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s