Membangun Kerangka Bisnis Digital

Bisnis-Berbasis-Digital85% keberhasilan financial anda adalah karena kepribadian anda dan kemampuan untuk berkomunikasi atau bernegosiasi. Hanya 15% adalah karena pengetahuan teknis.

Bicara tentang bisnis digital, anda harus tahu bisnis digital itu apa? Bisnis digital adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan.

Bisnis digital anda bisa menggunakan media internet untuk mempromosikan bisnis anda. Bagaimana membangun digital bisnis berikut penjelasannya.

Membangun Kerangka Bisnis

Salah satu cara termudah menyiapkan rencana bisnis adalah membuat “kerangka” atau building block yang terintegrasi dengan baik. Perhatikan gambar dibawah ini :

Business-Model-Canvas

Berikut ini adalah 9 kerangka bisnis untuk membangun bisnis anda.

1. Customer

Anda harus mulai dari customer, customer anda itu siapa, kemudian tawarkan solusi ke mereka, produk anda itu apa, apakah produk anda bisa menawarkan solusi buat mereka

produk atau layanan apa yang akan anda sediakan bagi calon pelanggan anda?

Kesalahan yang biasa dilakukan oleh pebisnis pemula adalah langsung menentukan bisnis dan baru memutuskan siapa yang bisa dijual.

2. Value proposition

Value Proposition adalah alasan mengapa customer berpindah dari satu perusahaan ke perusahaan yang lain. Value Proposition memecahkan permasalahan customer atau memenuhi kebutuhannya.

3. Channels

Bagaimana perusahaan berkomunikasi dan menggapai segmen customer mereka untuk men-deliver Value Proposition. Komunikasi, distribusi dan penjualan merupakan interface antara perusahaan dan pelanggan

4. Customer relationships

Bagaimana anda berhubungan dengan customer anda. Perusahaan harus menentukan jenis relasi dengan pelanggan, apakah personal atau automated. Relasi yang dipilih akan sangat menentukan bagaimana customer experience yang akan dihasilkan.

Misalnya dalam sebuah toko: berapa banyak tenaga sales diperlukan? Berapa banyak tenaga kasir diperlukan? Berapa banyak tenaga administrasi seperti accounting diperlukan?

5. Revenue

Bagaimana rencana anda untuk memperoleh penghasilan? Banyak bisnis yang dibuat tanpa tahu bagaimana memperoleh penghasilannya. Putuskan dan tentukan target pendapatan per bulan.

6. Key resources

Aset apa saja yang sebenarnya anda miliki. aset atau sumber daya yang sangat penting (aset kunci) yang diperlukan untuk membuat sebuah Business Model berjalan

7. Key activities

Kegiatan apa saja yang harus dilakukan sehingga bisnis ini jalan. Saat ini kegiatan marketing online adalah kegiatan favorit para pemula bisnis, karena budget yang relatif kecil bahkan seringkali gratis.

Kegiatan marketing online antara lain adalah membuat blog, menggunakan facebook atau twitter, hingga memasang iklan di Google Adwords.

8. Key partner

Menggandeng partner yang melengkapi kemampuan yang kita miliki akan meningkatkan peluang keberhasilan bisnis. Misalnya anda kenal distributor suatu produk yang lebih murah, cari partner yang bisa membuat website, untuk dijual online.

9. Cost

Semua hal yang sudah dijelaskan sebelumnya memerlukan biaya, lakukan perhitungan secara seksama, lalu putuskan apakah rencana rencana bisnis anda menguntungkan?

Apakah penghasilan anda lebih besar dari pengeluaran? Jika tidak berarti anda akan merugi dan bisnis ini tidak layak dijalankan.

Artikel ini memberikan gambaran singkat mengenai apa saja yang harus anda persiapkan sebelum memulai bisnis. Semoga bermanfaat.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s