Membangun Bisnis dengan Digital Marketing

digital-marketingDigital marketing merupakan strategi yang sangat popular dan digunakan oleh hampir sebagian besar marketers di seluruh dunia.

Hal ini merupakan dampak dari meningkatnya dunia internet dan teknologi, sehingga membuat internet menjadi market yang sangat prospektif.

Dengan adanya digital marketing anda dapat memperkenalkan / promosi merek atau produk dengan menggunakan medium komputer (jaringan komputer) / internet melalui berbagai kanal yaitu mobile network, website, iklan di internet, maupun social media.

5 kriteria yang harus ada ketika anda ingin membangun bisnis

  1. NEEDS

Temukan market, siapa saja yang membutuhkan bisnis anda. Berapa banyak orang yang membeli dengan anda. Anda butuh tahu apakah produk yang anda jual atau solusi yang anda tawarkan memilki need yang cukup.

  1. ENTRI

Bagaimana bisnis anda mudah tidak dimasuki oleh kompetitor, kalau misalnya entrinya mudah anda akan mendapat banyak saingan. Carilah bisnis yang tidak gampang ditiru, yang mana kompetitor tidak punya.

  1. CONTROL

Dari semua bisnis anda kalau bisa anda yang pegang semua, kalau anda hanya mengandalkan satu social media saja itu sangat beresiko sekali.

  1. TIME

Jangan tukarkan waktu anda dengan uang. Kalau anda bekerja untuk uang anda tidak bisa kaya.

  1. SCALABLE

Bisnis anda harus bisa dibesarkan. Misalnya anda membuka sebuah restoran tapi anda sendiri yang masak bisnis anda tidak bisa besar karena kemampuan anda untuk di duplikasikan tidak ada. Bisnis itu tergantung dengan diri anda.

LIFECYCLE MARKETING PROCESS

Secara garis besar inilah yang perlu Anda pelajari dalam digital marketing :

LCM_Flow_Chart

Lifecycle Marketing Process merupakan teknik digital marketing yang dapat diterapkan untuk membangun semua bisnis dengan cara membangun “funnel” dan “mesing uang”.

Funnel tersebut bertujuan untuk membuat cold traffic (orang yang baru mengenal Anda), menjadi warm traffic (orang yang mengenal Anda), sehingga menjadi hot traffic (orang yang sudah membeli produk dari Anda).

7 Bagian utama dari  Lifecycle Marketing

  • Attract traffic – Anda dapat menarik pengunjung ke website anda dengan konten yang gratis berupa (ebook, voucher, konsultasi gratis, dan banyak hal lainnya) kepada pengunjung website atau media sosial yang didapatkan dengan cara menukarkan database mereka untuk membawa mereka ke funnel selanjutnya.
  • Capture leads – Mendorong pengunjung untuk mendaftar ke website anda untuk menerima konten anda. Pastikan untuk menyertakan bahasa opt-in dalam bentuk web Anda.
  • Nurture prospects – Buat kampanye yang konsisten dengan informasi yang berguna dan menawarkan konten-konten anda secara otomatis.
  • Convert sales – Mengubah website anda menjadi alat marketing, dengan begitu anda dapat meningkatkan penjualan.
  • Deliver and satisfyAnda harus memberikan kepuasan kepada pelanggan. Jangan meninggalkannya setelah anda mendapatkan penjualan. Terus menjalin hubungan dengan mereka.
  • Upsell customers – Mengembangkan strategi jangka panjang untuk membantu menghasilkan penjualan tambahan dan pendapatan anda.
  • Get referralsTerakhir, meminta rujukan atau arahan. Ini salah satu cara untuk memberikan kepercayaan kepada pelanggan, dan mereka akan memberitahu teman-teman mereka tentang perusahaan Anda. Itu kesaksian yang tak ternilai.

Artikel ini memberikan gambaran singkat mengenai apa saja yang harus anda lakukan untuk membangun bisnis dengan digital marketing. Semoga bermanfaat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s