Belajar Mengenal Branding Basic

building-a-brandMengapa Branding begitu penting? Karena selain sebagai identitas produk, brand juga akan menumbuhkan loyalitas konsumen. Biasanya bila seseorang sudah cocok dan akrab dengan suatu brand, dia tidak akan mudah berpaling pada brand lain.

Sebelum membahas lebih lanjut branding itu apa, saya akan menjelaskan terlebih dahulu perbedaan marketing, selling, dan branding.

Kita bisa membahas perbedaan marketing, selling, dan branding dari segi objective, manfaat yang dicari, apa yang diperoleh konsumen, goal/tujuan, waktu, dan asset. Berikut ini adalah penjelasannya.

Objective

Marketing -> Market share % -> Penguasaan terhadap pasar sekian persen

Selling -> Omzet – unit sold -> Bertujuan menjual berapa unit

Branding -> Jati diri konsumen -> Konsumen itu mendapatkan jati diri dari brand kita

Manfaat yang dicari

Marketing -> Fisik -> Toolsnya itu produk

Selling -> Fisik -> Toolsnya itu produk

Branding -> Ikatan emosi -> Branding itu yang dicari ikatan emosi, antara produk anda dengan konsumen

Yang diperoleh konsumen

Marketing -> Konsumen itu mendapatkan apa, dari produk anda

Selling -> Konsumen itu mendapatkan apa, dari produk anda

Branding -> Konsumen menjadi siapa, ketika menggunakan produk anda

Goal

Marketing -> Demand atau permintaan -> Keinginan terhadap produk tertentu yang didukung oleh daya beli.

Selling -> Clossing -> Transaksi jual-beli dengan menutup penjualan

Branding -> Loyal -> Branding itu bisa menjual lebih lama karena dia loyal dia akan membeli terus-menerus bukan menjadi konsumen tapi menjadi customer, bukan menjadi pembeli tapi menjadi pelanggan

Waktu

Marketing -> Jangka panjang, market itu tidak bisa direbut dalam satu malam atau sebulan, tapi dalam waktu jangka panjang

Selling -> Jangka pendek, produk anda bisa terjual dalam waktu jangka pendek

Branding -> Jangka panjang, branding itu bisa direbut dalam waktu jangka panjang

Asset

Marketing -> Tangible asset, di dalam perusahaan anda akan punya aset, atau aset secara fisik seperti tanah, gedung, mobil, dan lainnya.

Selling -> Tangible asset, sama seperti marketing, aset berhubungan dengan fisik

Branding -> Intangible asset, asset ini tidak terwujud seperti hak cipta, paten, merek dagang dan rahasia dagang.

Branding itu apa sih?

Ada yang bilang brand itu merek, logo, slogan, iklan, packaging.

Brand bukan merek, logo, iklan, slogan, packaging, pameran, promosi, hadiah.

Brand adalah ikatan emosi antara produk anda dengan konsumen. Jadi kalau sebuah merek sudah mempunyai ikatan emosi ada yang merasa ketergantungan dengan merek itu maka dia disebut brand.

Ketika sebuah nama sudah menjadi pujaan orang punya ketergantungan dengan nama itu maka nama itu sudah berhak disebut brand

Contoh sebuah brand

Brand itu bukan logo dan logo bukan brand.

polisi

Seorang polisi butuh seragam polisi untuk di persepsi sebagai polisi oleh publik. Namun demikian seragam polisi itu bukan polisi. Yang polisi itu orangnya bukan seragamnya.

Jadi polisi butuh baju dinas tapi baju dinas bukan polisi.

Brand butuh logo tapi logo itu bukan brand, kecuali logo itu punya ikatan emosi dengan pelanggannya.

Hubungan produk, merek, logo dan brand

Ini produk

motor-honda-cbr

Ini adalah sebuah motor bila duduk diatasnya memberikan manfaat secara fisik dan dia bisa pergi dari suatu tempat ke tempat lain.

Ini Merek

honda-cbr250r

Ini adalah sebuah nama merek, merek adalah sebuah nama untuk manfaat fisik tadi, jadi kalau saya melihat merek ini saya akan mendapatkan manfaat fisik dari produknya.

Ini logo

logo-honda

Logo itu sebuah tanda bahwa saya melihat logo ini saya akan mendapatkan menfaat fisik tadi. bisa naik motor dari suatu tempat ke tempat lain.

Ini brand

tatto-honda

Sudah terjalin ikatan emosi. Ketika orang itu sudah jatuh cinta sama brandnya maka logonya pun di tatto di badannya.

Nilai apa yang diberikan oleh brand tadi?

Yaitu FREEDOM, mengapa freedom yang dicari karena dia merasa bebas naik Honda CBR, dia merasa menguasai jalan, jalan seperti milik dia sendiri.

Artikel ini memberikan gambaran singkat mengenai branding. Semoga bermanfaat.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s