Belajar Mengenal Packaging “Kemasan”

packaging-kemasan

Pakar branding mengungkapkan bahwa packaging sangat berperan dalam mempresentasikan produk bisnis anda untuk memaksimalkan penjualan.

Packaging (pengemasan) merupakan wadah atau pembungkus yang dapat membantu mencegah atau mengurangi kerusakan, melindungi produk yang ada di dalamnya, melindungi dari bahaya pencemaran serta gangguan fisik (gesekan, benturan, getaran).

Dari segi promosi wadah atau pembungkus berfungsi sebagai perangsang atau daya tarik pembeli. Karena itu bentuk, warna dan dekorasi dari kemasan perlu diperhatikan dalam perencanaannya.

Fungsi packaging

  1. Proteksi untuk produk -> bagaimana packaging bisa melindungi produknya dari kerusakan
  2. Proteksi bagi konsumen -> misalnya kemudahan cara memegang, nyaman bagi konsumen dan tidak membahayakan konsumen ketika dibuka
  3. Kemudahan dalam transportasi & penyimpanan
  4. Informasi produk -> sebuah packaging belum dipegang, belum dibuka sudah mampu menginformasikan produknya
  5. Penyesuaian lingkungan -> produk kita mau didistribusikan lewat apa, apakah di hypermart, supermarket, warung, atau pasar-pasar itu harus diperhitungkan oleh packaging
  6. Kenyamanan -> baik kenyamanan bagi konsumen atau kenyamanan bagi penjualnya
  7. Pertimbangan ekonomis -> harus bisa menambah cost dari packaging
  8. Nilai promosi -> harus mengandung promosi, bukan hadiah, tapi lebih kepada sosialisasi

Fungsi Salesman

  1. Penampilan menarik
  2. Profesional
  3. Keyakinan diri yang tinggi
  4. Pengetahuan produk
  5. Empaty
  6. Memberikan solusi
  7. Care kepada konsumen
  8. Tidak berteriak atau hardsell
  9. Higienis

Komponen design packaging

  1. Komponen -> Ukuran dan bentuk, material, warna, huruf, grafis
  1. Komponen fungsional -> Desain struktur, identitas brand personality

SELLING VS BRANDING

  1. Selling menghasilkan PEMBELI

Pembeli dapat APA -> Misalnya seorang salesman menawarkan kopi bubuk dengan segala rayuannya dia akan mendapatkan pembeli, dan pembeli akan mendapatkan kopi bubuk

  1. Branding menghasilkan PELANGGAN

Pelanggan menjadi SIAPA -> jadi ketika menggunakan produk anda dia kemudian menjadi seseorang

JENIS-JENIS PACKAGING

Jenis kemasan botol atau beling

kemasan-botol

Jenis kemasan plastik

kemasan-plastik

Jenis kemasan gelas kertas

kemasan-gelas-kertas

Jenis kemasan sachet

kemasan-sachet

Jenis kemasan paper bag

kemasan-kertas

Jenis kemasan karton

kemasan-karton

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s